Friday, October 9, 2015

Jangan Pernah Upload Foto Tiket Pesawat Di Media Sosial, Ini Akibatnya!

           Siapa sih yang nggak pernah naik pesawat? Semua orang pasti pernah, apalagi soal tiket pesawat atau yang biasa dikenal dengan sebutan boarding pass, kita semua pasti pernah memilikinya bukan?
Pasti diantara kalian pernah menjumpai foto boarding pass di media sosial, entah milik orang tak dikenal atau miliki salah satu temanmu, mau narsis sih boleh-boleh aja tapi jangan kelewatan, tidak jarang kita jumpai warga sosial media yang dengan bangganya mengunggah foto boarding pass ini, nggak percaya, cek hastag instagram #boardingpass disitu berjibun foto-foto boarding pass dari berbagai penerbangan di seluruh dunia. Hmmm... Sebenarnya tanpa kita sadari upload foto beginian juga memiliki segudang resiko, lho kenapa?
Menyimpan identitas diri
Menurut pakar keamanan siber Brian Krebs, boarding pass yang anda pamer-pamerkan di media sosial itu menyimpan identitas pribadi anda, tanpa terkecuali, jadwal penerbangan (kedatangan, kebarangkatan) hingga maskapai yang anda tumpangi selama perjalanan anda.
Krebs menambahkan, melalui boarding pass, kita pun bisa memiliki akses ke salah satu pemilik boarding pass tersebut, gilanya lagi kita juga bisa melihat penerbangan di masa yang akan datang melalui nomor boarding pass yang telah terdaftar.

Coba anda banyangkan, jika ada orang yang ingin jahat ke penumpang terpilih, hal itu bisa dilakukan dengan mudah, ungkap Krebs
Rawan dijadikan alat kejahatan
Sekali lagi boarding pass menyajikan detail informasi penerbangan penumpang. Bisa jadi karena informasi itu ada orang yang menghubungi pihak maskapai untuk menunda atau membatalkan perjalan. Apes bagi calon penumpang yang “dijahilin” seperti itu.


Sudah sewaktunya kita lebih peduli dengan hal-hal sepele seperti ini, memang sih pamer itu hak setiap individu, tapi demi keamanan alangkah baiknya kita lebih waspada terhadap apa yang akan kita bagikan ke khayalak umum. Kalau masih kebelet pengen pamer ya saran saja, "foto pada bagian nama saja" itu sudah cukup, oke!  
Bagaimana menurutmu?

Artikel Terkait

2 Tanggapan

Anonymous said... October 9, 2015 at 4:14 AM
salam kenal
ReplyDelete
Anonymous said... October 18, 2018 at 1:14 AM
Ngentod Kuy heheh
ReplyDelete

Post a Comment

Cancel Reply